Fungsi Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Fungsi Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Dalam proses pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa). Media pembelajaran hendaknya diupayakan untuk memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh media tersebut dan berusaha menghindari hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam proses pembelajaran. Untuk tujuan informasi, media pembelajaran dapat digunakan dalam rangka penyajian informasi di hadapan sekelompok siswa. Isi dan bentuk penyajian bersifat amat umum, berfungsi sebagai pengantar, ringkasan, laporan, atau pengetahuan latar belakang. Penyajian dapat berbentuk hiburan, drama, atau teknik motivasi.

Dalam penggunaannya media pembelajaran memiliki fungsi sebagai alat yang digunakan dalam proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran hendaknya diupayakan untuk memanfaatkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh media tersebut dan berusaha menghindari hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam proses pembelajaran.



Fungsi Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

  1. Fungsi Media Pembelajaran menurut Utami dan Julianto (2013, hlm. 2)
    Menggabungkan dua indera dalam penggunaannya yaitu indera pendengaran dan penglihatan. Penggunaan media audio visual merangsang siswa untuk belajar dengan mengoptimalkan kemampuan berpikir siswa. Media audio visual mampu membantu guru dalam menvisualkan materi ditambah dengan audio yang akan memperkaya lingkungan belajar siswa, memelihara eksplorasi, dan mendorong siswa untuk mengembangkan pembicaraan dan mengungkapakan pikirannya.
  2. Fungsi Media Pembelajaran menurut Hamalik dalam Arsyad ( 2017, hlm. 19 )
    Mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
  3. Fungsi Media Pembelajaran menurut Aqib (20117, hlm.51)
    Aqib (20117, hlm.51) menyebutkan fungsi media pembelajaran secara umum, yaitu :

    • Menyeragamkan penyampaian materi
    • Pembelajaran lebih jelas dan menarik
    • Proses pembelajaran lebih interaksi
    • Efisiensi waktu dan tenaga
    • Meningkatkan kualitas hasil belajar
    • Belajar dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja
    • Menumbuhkan sikap positif belajar terhadap proses dan materi belajar
    • Meningkatkan peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif
  4. Fungsi media dalam proses pembelajaran menurut Daryanto (2013: 10-11) adalah sebagai berikut :
    • Menyaksikan benda yang ada atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Dengan perantara gambar, potret, slide, film, video, atau media lain, siswa dapat memperoleh gambaran yang nyata tentang benda atau peristiwa.
    • Mengamati benda atau peristiwa yang sukar dikunjungi, baik karena jaraknya jauh, berbahaya, atau terlarang. Misalnya video harimau di hutan.
    • Memperoleh gambaran yang jelas tentang benda atau hal-hal yang sukar diamati secara langsung karena ukurannya yang tidak memungkinkan, baik karena terlalu besar atau terlalu kecil.
    • Dengan mudah membandingkan sesuatu. Dengan bantuan gambar, model atau foto siswa dapat dengan mudah membandingkan dua benda berbeda sifat ukuran, warna, dan sebagainya.
    • Dapat melihat secara cepat suatu proses yang berlangsung secara lambat. Dengan video, proses perkembangan katak dari telur sampai menjadi katak dapat diamati hanya dalam waktu beberapa menit.
  5. Media pembelajaran menurut Kemp & Dayton (Azhar Arsyad, 2011:23), dapat memenuhi tiga fungsi utama apabila media itu digunakan untuk perorangan, kelompok, atau kelompok pendengar yang besar jumlahnya, yaitu :
    • Memotivasi minat dan tindakan
    • Menyajikan informasi
    • Memberi instruksi



Fungsi Media Pembelajaran Menurut Wina Sanjaya

  1. Fungsi komunikatif
    Media pembelajaran digunakan untuk memudahkan komunnikasi antara penyampaian pesan dan penerima pesan.
  2. Fungsi motivasi
    Dengan menggunakan media pembelajaran, diharapkan siswa akan lebih termotivasi dalam belajar.
  3. Fungsi kebermaknaan
    Melalui penggunakaan media, pembelajaran dapat lebih bermakna yakni pembelajaran bukan hanya dapat meningkatkan penambahan informasi berupa data dan fakta sebagai pengembangan aspek kognitif tahap rendah, akan tetapi dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk menganalisis dan menciptakan sebagai sebagai aspek kognitif tahap tinggi.
  4. Fungsi penyamaan persepsi
    Melalui pemanfaatan media pembelajaran, diharapkan dapat menyamakan persepsi setiap siswa, sehingga setiap siswa memiliki pandangan yang sama terhadap informasi yang sesungguhnya.
  5. Fungsi individualitas
    Pemanfaatan media pembelajaran berfungsi untuk dapat melayani kebutuhan setiap individu yang memiliki minat dan gaya belajar yang berbeda.



Fungsi Media Pembelajaran Menurut Levie dan Lentz (1982)

  1. Fungsi atensi
    Fungsi atensi yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi pada isi pelajaran yanag berkaiatan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
  2. Fungsi afektif
    Fungsi afektif media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar atau membaca teks yang bergambar. Gamabar atau lambang visual dapat menggugah emosi dan sikap siswa.
  3. Fungsi kognitif
    Fungsi kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambing-lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
  4. Fungsi kompensatoris
    Fungsi kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk menggorganisasikan informasi dalam teksdan mengingatnya kembali.

Kesimpulan

  • Dari definisi-definisi tersebut maka dapat disimpulkan media pembelajaran berfungsi sebagai alat bantu dalam menyampaikan informasi dan pesan secara lebih teliti, jelas dan menarik. Fungsi media di atas, tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajara. Kualitas pembelajaran ini dibangun melalui komunikasi yang efektif dengan menggunakan alat bantu sebagai perantara interaksi antara guru dengan siswa. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa fungsi media adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan indicator semua materi tuntas disampaikan dan peserta didik memahami secara lebih mudah dann tuntas.
  • Berdasarkan uraian diatas fungsi media pembelajaran adalah segala bentuk atau alat untuk mempengaruhi emosi siswa (minat, keinginan, tekad, perbuatan, sikap) yang dapat menjadiakan ia pengalaman belajar ketika berada pada proses belajar mengajar dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran.

 



Manfaat masing-masing media :
  1. Memperjelas penyajian pesan (tidak verbalis)
  2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra
  3. Objek bisa besar/kecil
  4. Gerak bisa cepat/lambat
  5. Kejadian masa lalu, objek yang kompleks.
    Selain daripada hal yang telah dijelaskan, menurut Daryanto (2016,hlm. 5)
Secara umum media memiliki kegunaan, yaitu :
  1. Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalis
  2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra.
  3. Menimbulkan gairha belajar, interaksi lebih langsung antara murid dan sumber belajar
  4. Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori dan kinestetiknya

 

 

Pembahasan terkait lainnya : 

 




 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2021-10-21 23:16:51.

Pendidikan