Apa Pengertian Fungsi Maket Miniatur Adalah

Apa Pengertian Fungsi Maket Miniatur Adalah

Maket adalah miniatur atau bentuk tiruan yang menyerupai dari rumah, gedung, pesawat, kapal dan benda lainnya yang ukurannya lebih kecil, yang biasanya terbuat dari bahan kayu, karton jerami dan styrofoam. Jadi maket biasanya digunakan untuk mempresentasikan benda dengan skala atau ukuran yang lebih kecil. maket terdiri dari berbagai jenis diantaranya maket arsitektur, maket struktural. Maket juga dapat mempresentasikan bentuk bangunan serta fasilitas yang ada pada bangunan dalam bentuk tiga dimensi. Pembuatan maket sangat dibutuhkan pada sebuah perusahaan seperti perusahaan developer dan properti dalam menjual dan mempromosikan bangunan yang sedang dibuat.

Seiring dengan berkembangan zaman, bentuk dan kualitas dari maket sudah semakin meningkat pesat, dan itu sangat membantu seseorang dalam mempresentasi bentuk bangunan dan membantu konsumen untuk melihat secara jelas dalam pembelian bangunan seperti maket perumahan atau gedung perkantoran misalnya. Keberadaan dari maket sebenarnya memiliki fungsi yang cukup banyak yaitu diambil dari salah satu contoh ketika ingin membuat sebuah bangunan perumahan atau perkantoran. Maket bisa menjadi media yang sangat praktis dan efektif untuk memberi keterangan dan presentasi pada calon pembeli atau konsumen. Karena calon pembeli atau konsumen mendapat gambaran yang lebih jelas terhadap detail bangunan yang akan dimilikinya.




Penggunaan maket bisa juga menjadi daya tarik sebagai property selain brosur serta media lain yang sering digunakan dalam penjualan. Karena brosur hanya dapat memperlihatkan dalam bentuk satu dimensi saja seperti gambar, namun maket dapat memperlihatkan bentuk visual bangunan secara tiga dimensi dalam bentuk yang utuh, tidak terpisah-pisah. Desain dan arsitektur bangunan dari luar serta interior yang ada di dalam bisa dilihat dalam waktu yang bersamaan.

Oleh karena itu maket dapat dikatakan sebagai alat komunikasi yang paling mudah bagi penjual dan calon pembeli. Karena biasanya calon pembeli adalah masyarakat biasa yang kurang begitu memahami tentang dunia arsitektur bila ingin menanyakan sesuatu dapat dilakukan dengan cara menunjuk bagian tertentu pada maket tersebut. Maket yang baik yaitu maket yang tidak memberi gambaran bentuk bangunan dari interiornya saja, tetapi juga harus lengkap dengan kondisi lingkungan yang ada disekitarnya. Misalnya apakah rumah tersebut berada di pinggir jalan besar atau berlokasi di tengah kota maupun ditepi sungai dan sebagainya. Samua ini bisa dijelaskan melalui maket, sehingga calon konsumen bisa mendapat gambaran kondisi lingkungan. Bagian yang paling penting dalam pembuatan maket adalah skalanya. Hitung setiap bagian bangunan dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan ukuran. Dari skala ini bentuk bangunan yang asli bisa tergambar dalam maket.

 

Fungsi Maket Adalah

  1. Memperkecil ukuran benda atau objek yang terlalu besar dan harganya mahal jika dihadirkan dalam bentuk aslinya.
  2. Memberikan pengalaman yang nyata kepada para audience terhadap suatu benda atau objek, walaupun hanya dalam bentuk replikanya.
  3. Memudahkan dalam penjelasan tentang suatu benda atau objek dengan mempresentasikan benda tiruannya sesuai dengan benda aslinya.
  4. Sebagai media visualisasi dari desain interior.
  5. Mendeskripsikan sebuah keadaan dalam suatu lingkungan dalam skala yang lebih kecil.

Bagi Anda yang sedang membutuhkan jasa pembuatan maket maupu jasa pembuatan miniatur Anda bisa menghubungi Maket Creator. Maket Creator adalah sebuah usaha perseorangan yang melayani jasa pembuatan maket maupun miniatur lainnya seperti diorama maupun diecast. Untuk informasi selengkapnya Anda bisa kunjungi websitenya pada http://maketcreator.com/

 




 

Kunjungi juga post lainnya :