Pengukuran Citra Merek Menurut Shimp

Pengukuran Citra Merek Menurut Shimp

Menurut Shimp dalam Aprianitasari (2015:37), ada tiga bagian yang terdapat dalam pengukuran citra merek yaitu atribut (harga, kemasan, pemakai, citra penggunaan, warna, ukuran, desain), manfaat (fungsional, simbolis, pengalaman) dan evaluasi keseluruhan (nilai/kepentingan subjektif). Harga yang murah pada suatu produk tentunya akan membangun citra yang positif khususnya pada konsumen yang sekedar ingin memenuhi kebutuhannya.



Namun, untuk konsumen yang memiliki tingkat ekonomi tinggi, biasanya mengasumsikan bahwa harga yang mahal akan sebanding dengan kualitas yang diberikan karena perusahaan tersebut telah memiliki citra merek yang kuat. Menurut Shimp dalam Bastian (2016:2), citra merek diukur dari 3 hal, yaitu :



Pengukuran Citra Merek Menurut Shimp

  • Atribut, yaitu ciri-ciri atau berbagai aspek dari merek yang diiklankan. Atribut juga dibagi menjadi dua bagian, yaitu hal-hal yang tidak berhubungan dengan produk (contoh : harga, kemasan, pemakai, citra penggunaan), dan hal-hal yang berhubungan dengan produk (contoh : warna, ukuran, desain).
  • Manfaat, dibagi menjadi tiga bagian, yaitu fungsional, simbolis, dan pengalaman.
    1. Fungsional, yaitu manfaat yang berusaha menyediakan solusi bagi masalah masalah konsumsi atau potensi permasalahan yang dapat dialami oleh konsumen, dengan mengasumsikan bahwa suatu merek memiliki manfaat spesifik yang dapat memecahkan masalah tersebut.
    2. Simbolis, yaitu diarahkan pada keinginan konsumen dalam upayamemperbaiki diri, dihargai sebagai anggota suatu kelompok, afiliasi, dan rasa memiliki.
    3. Pengalaman, yaitu konsumen merupakan representasi dari keinginan mereka akan produk yang dapat memberikan rasa senang, keanekaragaman, dan stimulasi kognitif.
    4. Evaluasi keseluruhan, yaitu nilai atau kepentingan subjektif dimanakonsumen menambahkannya pada hasil konsumsi.

 

 

 






 

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

Originally posted 2022-06-01 16:26:31.

Manajemen Pemasaran